Pages

Minggu, 28 Desember 2014

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Mata adalah alat indra yang sangat penting bagi kita, seperti berinteraksi dengan komputer melalui monitor jika kita tidak menjaga kesehatan mata akan menimbulkan gangguan-gangguan pada mata. ada cara untuk menjaga kesehatan mata ketika berinteraksi dengan komputer diantaranya :







1. Meningkatkan Fleksibilitas Mata



Setiap kali mata kita lelah atau penglihatan agak kabur, lakukan beberapa latihan menfleksibilitas mata. Dengan cara carilah ruang terbuka dan kemudian pindahkan pengelihatan ke atas dan ke bawah dan dari sisi ke sisi secara perlahan-lahan, seolah-olah membuat angka ’8′ ketika melihat, kemudian pijat lembut daerah sekitar mata untuk mengendurkan otot-otot yang tegang, lakukan hal tersebut hingga mata kita benar segar kembali.





2. Beristirahatlah



Melihat komputer terus menerus akan berakibat buruk untuk mata kita. Dan kita perlu beristirahat, bahkan jika perlu buatlah pengingat jika diperlukan. Berjalan-jalan di sekitar lingkungan anda. Tapi jika Anda tidak bisa melihat keluar dari jendela lakukanlah beberapa latihan fleksibilitas untuk meregangkan otot-otot anda ini juga mampu membuat otot di sekitar mata lebih rilek.





3. Latihan penguatan mata



Ini membutuhkan latihan secara bertahap, mulailah dengan memegang ibu jari, beberapa inci di depan mata kita. Fokus pertama pada ibu jari dan kemudian pada sesuatu yang pada jarak 20 kaki. Fokus pengelihatan secara bersamaan pada objek pendek dan jarak jauh dapat memperkuat pengelihatan. Kita Juga bisa berkedip  dengan cepat ketika mata lelah. Ini membantu otot untuk bersantai dan juga mengurangi penglihatan yang kabur.





4. Menyesuaikan kecerahan layar



Anda bisa membuat mata anda agar tidak terlalu cepat tegang dengan mengurangi kecerahan layar komputer dan meningkatkan ukuran font di komputer Anda. Semakin lama kita menghabiskan waktu di depan komputer atau gadget lainnya akan semakin membuat mata anda tegang.





5. Banyak Mengonsumsi Vitamin A



Vitamin adalah salah satu vitamin yang sangat berguna bagi tubuh, terutama pada mata, selain itu dapat mencegah penyakit mata karena seringnya berinteraksi.





6. Seringlah Melihat Warna Hijau



Terlalu lama didepan layar komputer akan berakibat mata menjadi tegang karena penglihatan kita berfokus pada satu arah saja, untuk mengimbangi hal terserbut gunakan wallpaper berwana hijau seperti pemandangan. Karena warna hijau dapat mengurangi ketegangan mata.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 keperawatan. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates